Visual Novel (VN)

Sunday, June 3, 2012


Visual Novel (adalah sebuah penyebutan umum untuk permainan dengan model gameplay semi-interaktif, dengan grafis statis, dan umumnya anda hanya mengikuti plot ceritanya saja. Simpelnya adalah, anda kini dapat membaca sebuah novel (atau buku cerita) namun dengan ilustrasi gambar, sehingga anda akan mendapat pengalaman membaca yang lebih menyenangkan.
Game ini berbasis fiksi interaktif yang menampilkan cerita novel dalam bentuk gambar-gambar statis (yang digambar dengan gaya anime), dan dilengkapi dengan kotak percakapan untuk menyampaikan narasi dan ucapan setiap karakter, dan terkadang setiap karakter memiliki sound effect sehingga setiap karakter yang ada dalam visual novel seolah hidup dan dapat berbicara.

Saat ini masyarakat Indonesia masih belum banyak yang mengetahui tentang Visual Novel, dan mereka menyebutnya sebagai inovasi baru dalam dunia perkomikan (meskipun di Jepang sudah 10 tahun lebih game seperti ini hadir). Banyak sekali masyarakat Jepang yang berkumpul dan membentuk grup kecil untuk membuat Visual Novel, dan mencapai keuntungan yang cukup besar dari penjualan mereka di Comiket.
Meski dengan definisi demikian, VN akan dikira sebagai usaha “memindahkan e-book ke dalam permainan”, namun pada beberapa titik akan muncul “saat memilih (decision point)” sehingga anda harus memilih pilihan yang disediakan, dan anda dapat melihat kemungkinan cerita yang terjadi bila anda memilih opsi itu. Kalau anda biasa membaca novel, simpelnya seperti mengadaptasi cara membaca novel Goosebumps ke dalam aplikasi komputer.

0 comments: