Kategori atau Genre Game

Sunday, June 3, 2012


  Paling enak kalau menulis tentang hobi berhubung hobi penulis adalah bermain game(hehehe),kali ini penulis akan membahas tentang beberapa genre game, enjoy. . .
     Game dapat dibagi atas beberapa kategori atau genre. Meskipun belum ada kesepakatan akhir dalam penentuan batas pengkategorian, majalah Computer Gaming World mengkategorikan games berdasarkan jenisnya:
  • Action – jenis ini lebih mengutamakan ketangkasan koordinasi tangan dan mata, dimana kecepatan dan refleks menjadi andalan utama sang pemain.
  • Arcade – jenis ini dapat dikatakan seperti jenis action yang terdapat pada permainan dingdong, hanya saja jenis ini memiliki pola main yang lebih sederhana daripada jenis action.
  • Adventure – jenis ini bersifat petualangan, pemain mengendalikan sebuah tokoh yang mengikuti suatu alur cerita dan menghadapi berbagai tantangan dan teka-teki.
  • Roleplaying games (RPG) – jenis ini mirip dengan jenis adventure, namun mempunyai lebih banyak penekanan pada perkembangan karakter milik pemain.
  • Simulation – jenis ini merupakan simulasi realistis dari dunia nyata.
  • Puzzle – jenis ini menggunakan teka-teki dan menuntut keterampilan berpikir pemain.
  • Sports – jenis ini merupakan simulasi kegiatan atau permainan olahraga.
  • Massively Multiplayer Online Role-Playing Online Game (MMORPG) –adalah pembaharuan jenis game RPG yang memiliki fasilitas multiplayer. Seorang pemain dapat menghubungkan komputer ke sebuah server dan melaluinya dapat bermain bersamaan dengan ribuan pemain di seluruh dunia. Sama seperti jenis RPG, pemain dalam permainan MMORPG akan dihadapi dengan berbagai tantangan dan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan tokoh yang dimainkannya.
Game bisa dimainkan oleh satu pemain atau lebih, bergantung pada jenis permainan dan jenis koneksinya. Untuk dapat bermain dengan jumlah dua pemain atau lebih, biasanya diperlukan suatu jaringan atau network. Oleh karena itu, game juga bisa dibedakan berdasarkan koneksi.

  • Online Game. Online game adalah permainan-permainan yang dimainkan melalui jaringan komputer, seperti internet ataupun teknologi yang sejenisnya. Online game bisa dari bentuk game yang sederhana sampai pada bentuk game yang berisikan grafik yang komplek dan dunia virtual yang dimainkan oleh banyak pemain secara bersamaan. Banyak online game yang berhubungan dengan komunitas online, menjadikan online game sebuah bentuk aktivitas sosial.
  • Offline Game. Offline game adalah permainan-permainan yang dapat dimainkan tanpa menggunakan jaringan internet. Offline game juga terdiri dari permainan yang sederhana sampai permainan yang sifatnya komplek dan tidak kalah dari online game. Offline game juga bisa dimainkan secara bersamaan dengan pemain lain dengan menggunakan jaringan komputer seperti Local Area Network (LAN) atau pun cable.

0 comments: