Perkembangan Sony Playstation

Sunday, June 3, 2012


·     PlayStation (PSX) adalah game console grafis dari era 32-bit. Game console ini diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. Peluncuran perdana PlayStation dilakukan di Jepang pada 3 Desember 1994. Lalu versi AS diluncurkan di Amerika Serikat pada 9 September 1995 dan di Eropa pada 29 September 1995.
Dari sekian banyak game PlayStation, beberapa yang terkenal adalah Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Tekken, Winning Eleven, Ridge Racer, wipEout, Gran Turismo, Crash Bandicoot, Spyro, dan seri Metal Gear Solid.
Pada 18 Mei 2004, Sony telah memproduksi 100 juta PlayStation dan PSOne ke seluruh dunia. Pada Maret 2004, sebanyak 7.300 judul permainan telah tersedia dengan jumlah akumulasi 949 juta.
·    PlayStation 2 (PS2) adalah game console kedua dari Sony, setelah PlayStation. Pengembangannya diumumkan pada April 1999 dan peluncuran perdana dilakukan di Jepang pada 4 Maret 2000. Versi AS diluncurkan pada 26 Oktober 2000. Di tahun pertama, PlayStation 2 mengalami penjualan yang relatif sedikit, namun tak lama kemudian PlayStation 2 menyusul kesuksesan pendahulunya, PlayStation (PSX).
·       PlayStation 3 (PS3) adalah game console Sony generasi ketiga. PlayStation 3 juga merupakan penerus dari PlayStation dan PlayStation 2. Game console ini akan bersaing dengan Xbox 360 dari Microsoft dan Wii dari Nintendo.
Peluncuran perdana PlayStation 3 dilakukan di Jepang pada tanggal 11 November 2006 tepat pukul tujuh. Berdasarkan konfigurasi mesinnya, PlayStation 3 dirilis dengan 2 tipe, yaitu Basic dan Premium/Platinum. Pada tipe basic, kapasitas hard disk lebih sedikit. Pembaca kartu memori juga ditiadakan, akan tetapi dapat di-upgrade. Selain itu, konektivitas Wi-Fi ditiadakan dan tak dapat ditambahkan. Beberapa waktu lalu, Sony telah mengumumkan bahwa versi 20 GB tidak akan diproduksi lagi.
Teknologi terbaru yang digunakan PS 3 ini adalah cell processor-nya. Prosesor ini dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik, karena cell processor merupakan arsitektur vektor processor. Selain itu GPU dibuat sendiri bekerjasama dengan NVidia.
·     PlayStation Portable (PSP) dirancang oleh Shinichi Ogasawara untuk Sony Computer Entertainment yang merupakan anak perusahaan dari Sony Corporation. PSP dirilis untuk umum pada 11 May 2004 pada Sony press conference. PSP juga ditetapkan sebagai console handheld pertama yang menggunakan sistem disk optical (Universal Media Disc / UMD). Dengan enam pilihan warna, yaitu black, ceramic white, pink, metallic blue, silver, dan champagne gold.
Selain merupakan sebuah console untuk bermain game, PSP mempunyai berbagai fitur tambahan. PSP dapat digunakan untuk memutar film berformat UMD, mendengarkan beragam bentuk file musik seperti MP3, WMA, ATRAC, AAC, dan lainnya. PSP juga dilengkapi dengan Wi-Fi, sehingga memungkinkan pengguna PSP melakukan koneksi wireless network untuk akses internet atau untuk bermain game secara lokal. Selain mempunyai koneksi Wi-Fi, PSP juga memiliki Infrared Data Association (IrDA). Dengan IrDa ini, PSP dapat berfungsi sebagai remote control untuk TV, tentunya dengan dukungan software tetentu.

0 comments: