Efek Pemakaian Game Terhadap User

Sunday, June 3, 2012

Setiap kegiatan pasti mempunyai pengaruh positif dan negative,penulis akan membahas tentang pengaruh bermain game console.
 Pengaruh Positif dalam Penggunaan Game Console
  • Penggunan dari game console memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata, setara dengan kemampuan atlet. Selain itu, game console dapat meningkatkan ketajaman mata seseorang. Game console juga dapat menghilangkan stress dari seseorang. Sebagai contoh, NASA juga mengembangkan sistem biofeedback dengan menggunakan game-game PS, seperti Spyro the Dragon dan Tony Hawk`s Pro Skater. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya konsentrasi pilot pesawat tempur.

    Anak yang senang bermain video game adalah anak yang sangat menyukai tantangan. Anak-anak seperti ini tidak menyukai hal-hal yang bersifat monoton, lamban, dan tidak menantang. Beberapa penelitian mengatakan bahwa anak yang senang bermain game biasanya memiliki intelegensi tinggi, bermotivasi, dan berorientasi pada prestasi. Anak-anak seperti ini memiliki imajinasi yang tinggi.


Pengaruh Negatif dalam Penggunaan Game Console
Dengan bermain video game, pengguna akan menjadi malas belajar dan akan membolos sekolah hanya untuk bermain game. Selain itu juga dapat mengurangi daya kosentrasi pengguna dalam beraktivitas. Bermain video game juga dapat membuat orangterisolir, membuat orang ketagihan, mengganggu kesehatan, menimbulkan kekerasan, sampai membuat generasi muda bodoh. Hal itu disebabkan oleh grafik dan suara dari video game yang dapat merusak otak.
Seorang professor dari Nihon University di Tokyo yang bernama Akio Mori melakukan penelitian mengenai dampak video game pada aktifitas otak. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat dua dampak penting, yaitu:
  • Penurunan aktifitas gelombang otak depan. Penurunan gelombang otak depan memiliki peranan yang sangat penting yang menyebabkan seseorang susah mengendalikan emosi, sehingga mereka akan sangat mudah marah.
  • Penurunan dari aktifitas gelombang beta merupakan efek jangka panjang yang akan tetap berlangsung meskipun pengguna tidak memainkan game tersebut. Pengguna mengalami “autonomic nerves”, yaitu tubuh mengalami peningkatan adrenalin, sehingga denyut jantung, tekanan darah, dan kebutuhan oksigen juga meningkat.
 
Dari semua pengaruh positif atau negative bermain game semua kembali lagi kepada user yang bermain game tersebut. Bisa atau tidak mengatur hobi bermain game tersebut tidak mengganggu aktifitas lain atau merugikan.

0 comments: