Light Novel (LN)

Saturday, March 10, 2012

Light novel (jp: ライトノベル raito noberu), atau biasa disingkat LN atau ranobe, merupakan jenis novel populer, biasanya dilengkapi dengan ilustrasi. LN di Jepang umumnya diterbitkan dalam ukuran tidak jauh dari A6 (sekitar 10.5 cm x 15 cm), ilustrasi berwarna di cover dan beberapa halaman awal, dan ilustrasi grayscale di halaman-halaman berikutnya (walaupun ada juga yang tanpa ilustrasi).
Light novel memang tidak seberat novel fiksi. Light novel memiliki perbedaan dengan novel lainnya karena ada banyak dialog yg lebih banyak "bercerita" dalam novel ketimbang paragraf cerita itu sendiri dan biasanya light novel disisipi 1-2 gambar untuk memudahkan para pembaca untuk mengimajinasikan ceritanya. Biasanya para pembacanya adalah murid SMP, SMA, dan orang dewasa yang masih muda (mahasiswa). Jumlah kata-kata yang ada di dalam light novel tersebut terhitung sebanyak 40.000 sampai dengan 50.000 kata, tidak lebih dari itu. Light novel bisa diadaptasi menjadi bentuk lain, seperti anime, manga, game, dan drama CD.
Contoh Gambar Light Novel
Seperti yang kamu lihat di atas, itu adalah contoh light novel dalam bahasa inggris. Biasanya sih selalu disisipkan gambar manga di dalamnya, tapi tidak ada balon dialognya.
Nih, salah satu contoh Light novel yang sudah di translate ke bahasa Indonesia. . .

0 comments: