GestureTek Teknologi tanpa Sentuh

Sunday, January 1, 2012




GestureTek adalah suatu teknologi yang dapat mengenali gerakan tubuh dengan menggunakan kamera yang ada pada perangkat elektronik seperti televisi, dvd, komputer, dll. Alat-alat/perangkat elektronik tersebut akan menangkap perintah gerakan melalui kamera tersebut. Program akan mengisolasi objek individu yang melakukan gerakan sehingga walaupun ada noise, atau cahaya tidak akan mengganggu respon pada program tersebut. Karena objek telah dikenalinya dan diisolasi, sehingga gangguan dari luar tidak akan berpengaruh pada saat merespon gerakan. Dengan teknologi ini kita tidak harus menyentuh layar secara langsung, cukup dengan menggerakan anggota tubuh tertentu. Teknologi ini sangat customizable (gerakan tertentu dapat kita program untuk menjalankan sesuatu tersebut dapat kita ciptakan sendiri).
GestureTek telah mendemonstrasikan sebuah peragkat pengenalan gerakan baru pada ajang Mobile World Congress 2010 yang berlangsung di Barcelona. Aplikasi ini memungkinkan perangkat lunak pengembang Android dan Symbian mengintegrasikan gerakan dan objek-pelacakan ke dalam gerakan-kontrol game dan aplikasi mobile.
Aplikasi Momo adalah software buatan GestureTek development kit interface untuk mendefinisikan dua pelacak. Pelacak Motion melalui gerak. Mencakup pelacak wajah, tangan dan objek lain di bidang kamera-of-view.
GestureTek’s update, Eyemo pengendalian gerakan perangkat lunak juga sekarang tersedia di Inti (MTK) platform. Eyemo menggunakan kamera perangkat merasakan gerakan, menyediakan “joystick,” “gaya gerak” dan “pilihan menu” interaksi. Users goyang, batu atau roll telepon bukan menekan tombol, untuk bermain game, menjawab panggilan, peta navigasi, mengubah atau browsing halaman Web. Momo mengontrol permainan dengan tangan / gerakan tubuh (gerakan perangkat tidak diperlukan).
Berita Terkait GestuteTek
SolusiHP.Com - Raksasa elektronik lain yang juga mengincar pengembangan teknologi ini adalah pembuat chip komputer, Qualcomm. Perusahaan ini baru saja membeli sebuah perusahaan kecil asal Kanada, GestureTek.

Targetnya adalah pengembangan tiga alat elektronik: tablet (termasuk alat baca lektronik), telepon pintar dan TV dengan menggunakan kombinasi kamera dan alat ultrasound, kata Direktur teknologi Qualcomm, Francis MacDougall.

Jadi misalnya Anda ingin mengangkat telepon saat sedang memasak, atau sedang makan atau sedang menyetir, maka Anda bisa melakukannya tanpa perlu menyentuh layarnya atau bahkan tak perlu melihat kearahnya.

Fitur-fitur inilah yang menjadi incaran banyak perusahaan teknologi saat ini, dan mereka berlomba untuk jadi yang pertama memasarkan pengembangannya.

"(Teknologi) Gerakan jelas sedang naik daun!" seru McDougall. [bbc]

0 comments: